Bantuan KBBI Daring


Soal Sering Ditanya (SSD)


1. Pertanyaan: Di mana saya dapat menemukan status usulan-usulan yang saya buat?

Jawaban: Status usulan-usulan yang pernah Anda buat dapat dilihat di halaman manajemen akun Anda. Anda dapat membuka halaman menajemen akun Anda dengan mengeklik tautan bertulisan Halo [nama tampilan anda]! yang berada di pojok kanan atas halaman, di sebelah kiri (atau di atas -- jika penelusuran dilakukan lewat media elektronik dengan tampilan layar yang lebih kecil seperti ponsel) tautan bertuliskan Keluar.

Halaman manajemen akun Anda, di samping digunakan untuk melihat status semua usulan yang pernah Anda buat, dapat juga digunakan untuk mengganti nama tampilan dan kata sandi akun Anda.

Halaman manajemen akun hanya tersedia bagi pengguna (terdaftar) yang masuk laman menggunakan akun lokalnya. Untuk membuat akun lokal pada laman KBBI Daring, silakan merujuk pada jawaban pertanyaan nomor 12.


2. Pertanyaan: Bagaimana saya dapat memberikan usulan?

Jawaban: Anda dapat memberikan usulan dengan mendaftarkan akun Anda. Setelah Anda mendaftarkan akun Anda, Anda memiliki hak memberikan usulan untuk KBBI Daring. Silakan melihat cara mendaftarkan akun Anda pada jawaban pertanyaan nomor 12.


3. Pertanyaan: Bagaimana seharusnya saya memberikan usulan?

Jawaban: Ada beberapa prinsip penting dalam memberikan usulan.

Pertama, hendaknya usulan diberikan dengan tingkat yang setepat mungkin. KBBI Daring memiliki tiga tingkatan struktur lema: entri, makna, dan contoh. Entri (misalnya: buka1) membawahkan makna (misalnya: berjualan atau bekerja). Makna membawahkan contoh (misalnya: kantor pemerintah mulai buka pukul 08.00, tutup pukul 15.00). Memberikan usulan dengan tingkat yang setepat mungkin berarti memberikan usulan sesuai dengan sasaran usulan tersebut. Jika usulan dimaksudkan untuk "menambahkan contoh baru", misalnya, jangan menambahkan contoh baru dengan memakai usulan "mengubah entri", melainkan lakukan pengusulan dengan pilihan "usulkan contoh baru".

Kedua, hendaknya usulan diberikan dengan tepat, mengikuti contoh dan petunjuk yang telah diberikan di tiap kotaknya (misalnya: [1] pemenggalan perlu dituliskan bagi entri dasar dan kata berimbuhan tanpa perlu memakai tanda garis miring (/.../); [2] pemenggalan dilakukan dengan tanda titik (.) sebagai penghubung antarsuku kata, bukan tanda baca yang lain seperti tanda hubung (-) atau spasi ( )). Memberikan usulan dengan format yang tidak sesuai dengan contoh dan petunjuk yang diberikan, akan sangat memungkinkan membuat usulan tersebut dialihkan/diubah/dikembalikan/ditolak/digugurkan oleh editor/redaktur yang memeriksa.

Ketiga, hendaknya penjelasan diberikan bersama dengan usulan Anda. Penjelasan akan sangat membantu editor/redaktur yang memeriksa untuk mengetahui usulan macam apa yang Anda buat sebelum ia memeriksa usulan tersebut lebih lanjut. Hal tersebut akan mempercepat dan memperjelas proses pemberian keputusan terhadap usulan tersebut.

Contoh-contoh penjelasan:

  1. terdapat kesalahan penulisan entri. Entri ditulis "opo" seharusnya "apa"
  2. penambahan contoh untuk makna ini
  3. terdapat kesalahan kelas kata pada makna ini. Seharusnya "nomina", ditulis "verba"
  4. memberi label kiasan pada makna ini
  5. penambahan makna baru
  6. perubahan penempatan ragam varian menjadi ragam
  7. menghapus contoh #3 yang tidak relevan bagi makna ini
  8. memperbaiki pelafalan bagi entri ini. Ditulis "enak", seharusnya "énak"

Pesan: para editor di luar tim redaksi Badan Bahasa hendaknya juga memperhatikan poin-poin di atas. Dalam memberikan/menerima/menolak/mengalihkan usulan, pemberian penjelasan akan sangat membantu, baik bagi yang memberikan usulan maupun bagi yang melanjutkan pemeriksaan usulan di tim redaksi Badan Bahasa.


4. Pertanyaan: Usulan macam apa yang dapat saya berikan dalam KBBI Daring?

Jawaban: Usulan dapat berupa penambahan atau perbaikan entri, makna, atau contoh di KBBI. Pengguna dengan hak editor atau lebih memiliki tambahan hak untuk mengusulkan menonaktifkan entri, makna, atau contoh. Untuk daftar fitur selengkapnya sesuai dengan tingkat pengguna, temukan di bagian penjelasan fitur pengguna.


5. Pertanyaan: Saya dapat menemukan tautan untuk menambahkan dan memperbaiki entri dan makna, tapi di mana saya dapat menemukan tautan untuk menambahkan dan memperbaiki contoh?

Jawaban: Tautan untuk menambahkan dan memperbaiki contoh dapat ditemukan dengan melakukan penelusuran pada makna yang di dalamnya terdapat contoh tersebut.


6. Pertanyaan: Bagaimana saya dapat menambahkan contoh pada entri?

Jawaban: Dalam konsep KBBI Daring, contoh bukan ditambah pada entri melainkan pada makna. Cara untuk menambahkan contoh pada makna adalah dengan memberikan nilai lebih dari 0 (nol) pada kotak "Jumlah Contoh". Nilai dapat diberikan dengan menekan tombol panah atas yang terletak pada ujung kanan kotak "Jumlah Contoh". Tanda panah tersebut akan terlihat pada waktu kursor tetikus (mouse) diletakkan di ujung kanan kotak tersebut. Catatan: untuk pengguna yang menelusuri laman menggunakan media berukuran layar kecil, gunakan tombol Tambah yang tersedia di bawah kotak "Jumlah Contoh".


7. Pertanyaan: Bagaimana saya dapat menambahkan pelafalan pada usulan penambahan / perbaikan entri?

Jawaban: Pelafalan, bersama dengan beberapa elemen yang lain (varian, entri rujuk, jenis rujuk, dll.), bukanlah hal yang wajib ada dalam sebuah usulan penambahan ataupun perbaikan entri; oleh karena itu, elemen-elemen tersebut dikategorikan dalam tingkat penambahan / perbaikan "lanjut". Untuk memasukkan pelafalan dalam entri, gunakan Jenis Pilihan → Lanjut waktu mengusulkan entri.


8. Pertanyaan: Tolong! Sewaktu saya sedang asyik melakukan pencarian, saya tiba-tiba diarahkan masuk ke halaman Daftar Hitam

Jawaban: KBBI Daring diperlengkapi dengan sistem keamanan untuk mengenali pencarian beruntun yang memiliki pola serupa dengan peretas (hacker). Jika Anda secara tidak sengaja diarahkan masuk ke dalam laman daftar hitam, silakan mengikuti instruksi yang tertera dalam laman tersebut untuk memulihkan identitas pencarian Anda.

Sehubungan dengan maraknya pencurian data melalui internet pada masa-masa ini, KBBI Daring (sebelumnya) yang tidak diamankan telah menjadi sasaran empuk yang diincar oleh banyak peretas untuk mencuri data dan memanfaatkannya untuk kepentingan komersial tanpa seizin Badan Bahasa. Oleh karena itu, di dalam masa awal peluncuran KBBI Daring kali ini, kami memutuskan untuk memperketat sistem keamanan laman kami.

Jika Anda adalah pengguna yang sah dan bukan peretas, tetapi secara tidak sengaja tertangkap masuk juga dalam Daftar Hitam, kami akan memulihkan identitas pencarian Anda segera sesudah kami menerima dan memverifikasi laporan Anda sesuai dengan instruksi yang tertulis di laman tersebut.


9. Pertanyaan: Saya sudah mendaftar dan sedang asyik melakukan pencarian, tetapi tiba-tiba akun saya beku?

Jawaban: Seperti jawaban pertanyaan nomor 8, sistem keamanan (yang lebih lunak) diberlakukan bagi pengguna terdaftar. Jika Anda adalah seorang pengguna terdaftar:

  1. identitas pencarian Anda tidak akan dimasukkan ke dalam daftar hitam, dan
  2. Anda akan menerima pos-el dari Tim KBBI Daring yang menjelaskan alasan pembekuan akun Anda.

Anda dihimbau untuk membalas pos-el tersebut dan menjelaskan pola pencarian Anda. Akun Anda akan segera dicairkan kembali segera sesudah alasan pola pencarian Anda kami terima.

Di samping itu, jika Anda memang memerlukan pola pencarian lama Anda dengan alasan yang sah (misalnya: penelitian bahasa), kami akan memberikan hak khusus bagi akun Anda untuk memakai KBBI Daring dengan lebih leluasa sesuai dengan cara pemakaian yang Anda perlukan.


10. Pertanyaan: Saya secara tidak sengaja mengirimkan usulan yang belum selesai. Bagaimana saya dapat memperbaikinya?

Jawaban: Usulan yang telah dikirimkan masih dapat diperbaiki jika belum diproses oleh tingkat redaksi di atas Anda. KBBI Daring mengenal empat tingkatan redaksi (dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi):

  1. Pengguna terdaftar
  2. Editor
  3. Redaktur
  4. Validator
Jika Anda adalah seorang pengguna terdaftar, misalnya, usulan Anda masih dapat diperbaiki ketika usulan tersebut masih berada di meja editor (sedang diproses oleh editor). Usulan tersebut tidak lagi dapat diperbaiki jika usulan tersebut telah diproses oleh editor (sedang diproses oleh redaktur).

Cara memperbaikinya:

  1. Buka halaman menajemen akun Anda (lihat jawaban pertanyaan nomor 1)
  2. Buka daftar usulan dibuat atau usulan diproses
  3. Temukan usulan yang hendak Anda perbaiki
  4. Klik tautan Ambil Kembali
  5. Temukan usulan Anda yang sudah diambil kembali pada daftar usulan disimpan
  6. Klik tautan Ubah
  7. Perbaiki usulan Anda

Jika elemen yang Anda ingin perbaiki adalah berupa perbaikan (bukan penambahan atau penonaktifan), Anda dapat juga melakukannya dengan cara berikut.

  1. Cari elemen yang Anda usulkan perbaikannya di kotak pencarian
  2. Klik ikon Ubah di sebelah kanan elemen tersebut, Anda akan dialihkan ke halaman "Usulan Sedang Diproses"
  3. Klik tombol Ambil Kembali yang terdapat di paling bawah halaman "Usulan Sedang Diproses"
  4. Temukan usulan Anda yang telah diambil kembali pada daftar usulan disimpan
  5. Klik tautan Ubah
  6. Perbaiki usulan Anda

11. Pertanyaan: Mengapa saya perlu menyimpan usulan?

Jawaban: Memberikan usulan pada dasarnya mirip dengan mengirimkan pos-el. Jika Anda belum yakin akan konten pos-el yang hendak Anda kirimkan, Anda akan menyimpannya dalam bentuk draf. Setelah Anda yakin dengan konten pos-el Anda, barulah Anda mengirimkannya karena sekali Anda mengirimkan pos-el, Anda tidak dapat menariknya kembali, namun akan diterima dan dapat dibaca oleh alamat pos-el yang Anda tujukan.

Demikian juga halnya dengan memberikan usulan. Jika Anda belum yakin akan konten usulan Anda, Anda dihimbau untuk menyimpannya dan hanya mengirimkannya ketika Anda telah yakin dengan konten usulan Anda. Usulan yang telah Anda kirimkan akan langsung dapat diakses dan diproses oleh tingkat redaksi di atas Anda.

Meskipun demikian, mengingat mudahnya bagi pengguna daftar yang masih baru untuk melakukan kesalahan dalam hal ini, KBBI Daring menyediakan pilihan untuk mengambil kembali sebuah usulan yang belum selesai diproses oleh tingkat redaksi di atasnya (lihat jawaban pertanyaan nomor 10).

(masih dalam perencanaan) Perlu diketahui bahwa untuk memudahkan proses penyuntingan oleh tim redaksi, fitur ini suatu saat akan ditambahkan sebuah batas waktu. Setelah batas waktu dilewati, usulan tidak lagi dapat diperbaiki oleh pengusulnya kendati belum selesai diproses oleh tingkat redaksi di atasnya.


12. Pertanyaan: Bagaimana cara mendaftarkan akun dalam KBBI Daring?

Untuk mendaftarkan akun dalam KBBI Daring, pastikan Anda mendaftarkan alamat pos-el yang sah, bukan alamat pos-el yang dibuat-buat. Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Tekan tautan Daftar Baru yang terdapat pada sisi kanan atas laman KBBI Daring
  2. Isi:
    • Nama Lengkap: nama Anda yang sesungguhnya. Nama ini akan digunakan untuk menampilkan nama pembuat dan pengoreksi usulan.
    • Nama Tampilan: nama Anda untuk ditampilkan dalam laman KBBI daring (nickname dalam laman KBBI Daring)
    • Pos-el: alamat pos-el sah Anda, bukan alamat pos-el yang dibuat-buat
    • Kata Sandi: kata sandi untuk laman KBBI Daring (tidak harus sama dengan kata sandi untuk masuk ke alamat pos-el Anda*)
    • Konfirmasi Kata Sandi: ditulis sama persis dengan kotak [Kata Sandi]
  3. Tekan tombol [Daftarkan]
  4. Buka kotak pos-el pada alamat pos-el yang Anda daftarkan, Anda akan menerima pos-el dari alamat pos-el kbbi.nirbalas@kemdikbud.go.id dengan nama pengirim "KBBI Daring" dan bersubyek "Konfirmasikan Akun Anda"
  5. Buka pos-el dari KBBI Daring, tekan frasa "tautan ini" yang tertulis dalam pos-el yang dikirim oleh KBBI Daring
  6. Buka laman kbbi.kemdikbud.go.id, tekan tautan Masuk yang terdapat pada sisi kanan atas laman KBBI Daring
  7. Gunakan alamat pos-el dan kata sandi yang baru saja Anda daftarkan untuk masuk dalam laman KBBI Daring

*untuk alasan keamanan, sebaiknya tidak ditulis sama dengan kata sandi untuk masuk ke alamat pos-el Anda.


Versi Bantuan: 1.9.0.0/5-Januari-2017